Mengupas Lebih Dalam Tentang Penyakit Maag

gambar tersebut menyebutkan tentang penyakit maag gambar tersebut menyebutkan tentang penyakit maag

Mengupas Lebih Dalam Tentang Penyakit Maag

Sakit Maag adalah kondisi dimana munculnya gejalah gangguan pencernaan dan gejala mulas. Ada juga gejalah lainnya seperti perut yang terasa begah dan dada yang sesak. Dengan gejala tersebut sangatlah tidak nyaman, sehingga untuk makan pun tidak akan nyaman. Sakit maag yang serius ini dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati yang berkepanjangan, dan akan mempengaruhi sistem pencernaan.

Penyebab terjadinya sakit maag itu disebabkan dengan gaya hidup yang tidak sehat, dan beberapa faktor lainnya. Sakit maag bukanlah sebuah penyakit melainkan gejala sebuah penyakit, sehingga jika berkepanjangan dengan gejalah ini akan menyebabkan sebuah penyakit. Sakit maag cukup mudah untuk disembuhkan dan jika dibiarkan maka akan menjadi lebih parah.

Gejalah Sakit Maag

Sangat mudah untuk mengetahui gejalah sakit maag yang biasa terjadi, sebagai berikut :
1. Terjadi mual yang berlebih

  1. Nyeri pada ulu hati
  2. Merasa mudah kenyang pada saat makan
  3. Sendawa
  4. Merasa kembung pada bagian perut
  5. Suara serak hingga terjadi radang tenggorokan
  6. Merasakan ingin muntah setelah makan

Gejala yang disebutkan sebelumnya merupakan beberapa faktor, namun sakit maag bisa terjadi bila seorang penderita mengalami stress yang berlebih. Dan itu akan berdampak sangat buruk jika stress berkelanjutan dan akan mengalami naiknya asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan.

Hal-Hal yang Menyebabkan Sakit Maag

Sakit maag bisa diderita pada semua kalangan, bisa terjadi kepada anak muda hingga orang tua. Ada beberapa faktor penyebab meningkatnya resiko sakit maag, seperti dibawah ini :
1. Sering mengkonsumsi makanan berminyak, pedas dan berlemak.

  1. Emosi yang tidak terkendali hingga terjadinya kecemasan berlebih
  2. Obesitas atau berat badan kurang ideal
  3. Sering mengkonsumsi soda dan minuman yang mengandung kafein
  4. Mengkonsumsi coklat yang berlebihan
  5. Terlalu banyak makan
  6. Makan dengan terburu-buru
  7. Efek samping mengkonsumsi obat antiinflamasi
  8. Telat makan
  9. Berbaring setelah makan

Dengan kondisi seperti ini maka akan berdampak buruk kepada kesehatan lainnya, seperti kanker lambung, sakit batu empedu, radang pankreas dan penyumbatan usus, anemia, luka lambung.

Cara Pencegahan Sakit Maag

Lebih baik mencegah daripada mengobati, peribahasa itu sangat benar. Sebelum sakit lebih baik mencegah, demikian sakit maag. Bila bisa dicegah, setidaknya lakukan pencegahan. Untuk menghindari sakit maag, lebih baik mencegah pemicunya sakit tersebut. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah sakit maag, seperti :
1. Kurangi atau hindari makanan yang mengandung asam

  1. Jangan minum alkohol berlebih
  2. Jangan terlalu stress, jika sedang stress bisa melakukan pergi berlibur.
  3. Setelah makan jangan berbaring
  4. Jangan langsung makan dengan porsi besar.
  5. Jangan telat makan
  6. Pada saat ingin berolahraga jangan dengan posisi perut kenyang

Jika kamu melakukan pencegahan maka kamu tidak akan merasakan sakit maag, usahakan untuk menjaga pola hidup sehat. Hidup dengan pola sehat akan membantu kamu terhindari dari berbagai macam jenis penyakit, daya tahan tubuh yang kuat akan menjadi nilai plus untuk tubuhmu.

Obat Herbal Untuk Sakit Maag

Jika mengkonsumsi obat berlebih pun tidak baik untuk tubuh, obat herbal pun cukup bagus untuk membantu penyembuhan sakit. Sakit maag pun bisa disembuhkan dengan obat herbal. Obat herbal ampuh untuk membantu menghilangkan gejala sakit maag,berikut obat herbal yang bisa kamu konsumsi pada saat sedang mengalami sakit maag.

  1. Madu

Madu merupakan pemanis alami yang dapat membantu untuk mengatasi masalah pada lambung, madu juga merupakan obat tradisional yang sangat bermanfaat untuk berbagai macam masalah kesehatan. Madu adalah bahan alami yang mempunyai sifat antioksidan yang tidak akan membuat penderita sakit maag karena madu yang cukup manis dan tidak akan mengganggu lambung yang sedang bermasalah.

  1. Kurma

Sudah dikenal bahwa kurma memiliki banyak manfaat pada kesehatan, kurma yang memiliki tekstur basah maka akan mengurangi tingkat asam pada lambung. Sangat disarankan bagi penderita sakit maag untuk memakan kurma pada pagi hari untuk menetralisir cairan pada lambung. Di Dalam kurma terdapat antioksidan dan vitamin B5 yang sangat berkhasiat.

  1. Lidah Buaya

Tumbuhan lidah buaya merupakan tanaman yang sering digunakan pada pengobatan tradisional. Gel yang terkandung pada lidah buaya memiliki vitamin, anti peradangan, dan mineral. Dengan gel yang ada dalam lidah buaya sangat berkhasiat bagi orang yang memiliki masalah pada maag. Namun jika kamu mengkonsumsi lidah buaya berlebih akan berdampak pada diare.

  1. Kunyit

Untuk penderita sakit maag agar bisa mengkonsumsi yang mengandung antioksidan dan anti peradangan, kunyit memiliki semuanya. Jadi kunyit sangat dianjurkan untuk menjadi obat sakit maag karena untuk meredakan sakit pada penderita sakit maag.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu bagi penderita sakit maag untuk mengetahui gejala serta obat untuk membantu menghilang sakit maag. Dengan kamu menuntaskan gejala akan mengurangi rasa sakit maag.